1 |
Karya seni rupa berdasarkan jenisnya ada 2 , yaitu ... |
|
|
A |
Karya Seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi |
|
B |
Karya Seni rupa kontemporer dan karya seni rupa realis |
|
C |
karya seni rupa terapan dan karya seni rupa murni |
|
D |
karya seni rupa lukis dan karya seni rupa patung |
|
E |
karya Seni rupa pop dan karya seni rupa modern |
2 |
Karya seni rupa 2 dimensi merupakan . . . |
|
|
A |
Karya seni rupa yang dapat dilihat dr berbagai arah |
|
B |
Karya seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi |
|
C |
Karya senirupa yang memiliki ruang |
|
D |
Karya seni rupa yang memiliki panjang dan lebar dan hanya dapat di lihat dari 1 arah. |
|
E |
Karya seni rupa yang memiliki volume. |
3 |
Media yang digunakan dalam seni pahat adalah . . . |
|
|
A |
Kayu |
|
B |
Kanvas |
|
C |
Tanah liat |
|
D |
Kertas |
|
E |
Air |
4 |
Berdasarkan fungsinya , karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama ,yaitu untuk memenuhi fungsi praktis. Karya seni rupa semacam ini dikategorikan dalam jenis karya seni rupa . . |
|
|
A |
Murni |
|
B |
Kontemporer |
|
C |
Realis |
|
D |
Terapan |
|
E |
Hiasan |
5 |
Penyelenggaraan pameran memiliki 3 kategori tujuan, diantaranya tujuan pendidikan, tujuan komersial dan tujuan ... |
|
|
A |
Sosial dan kemanusiaan |
|
B |
Penelitian |
|
C |
Observasi |
|
D |
Politik |
|
E |
Keamanan |
6 |
Seorang seniman mengadakan pameran dengan tujuan pendidikan , artinya ... |
|
|
A |
Pameran yang diadakan untuk mengambil keuntungan bagi seniman itu sendiri |
|
B |
Pameran yang diadakan untuk mengambil keuntungan bagi panitia pelaksana |
|
C |
Pameran yang diadakan untuk membantu orang lain |
|
D |
Pameran yang diadakan untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada masyarakat |
|
E |
Pameran yang diadakan untuk membantu korban bencana alam |
7 |
Karya seni rupa 3 dimensi adalah ... |
|
|
A |
Dapat dilihat dari 1 arah saja |
|
B |
Tidak meiliki volume |
|
C |
Karya yang hanya meiliki lebar dan panjang |
|
D |
Tidak memiliki ruang |
|
E |
Karya seni yang meiliki panjang, lebar dan volume |
8 |
Dalam melukis media yang di pakai adalah ... |
|
|
A |
Kertas |
|
B |
Dinding |
|
C |
Buku gambar |
|
D |
Kanvas |
|
E |
Kaca |
9 |
Dalam aktifitas seni rupa kegiatan menyajikan karya seni rupa agar dapat diapresiasi masyarakat disebut ... |
|
|
A |
Pagelaran seni |
|
B |
Pagelaran teater |
|
C |
Pagelaran seni music |
|
D |
Pameran seni rupa |
|
E |
Pameran tanaman organic |
10 |
Pengamat seni adalah ... |
|
|
A |
Orang yang membuat karya seni rupa |
|
B |
Orang yang menjual karya seni rupa |
|
C |
Orang yang merencakanan pameran seni rupa |
|
D |
Masyarakat yang mengunjugi pameran seni rupa |
|
E |
Panitia pameran seni rupa |
11 |
Angklung adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari .... |
|
|
A |
Jawa Timur |
|
B |
Batak |
|
C |
Jawa Barat |
|
D |
Maluku |
|
E |
Sumatra |
12 |
Di pulau dewata gamelan sering dibunyikan pada acara acara besar, hal ini merupakan fungsi musik sebagai sarana … |
|
|
A |
Ekspresi Jiwa |
|
B |
Upacara Adat |
|
C |
Pendidikan |
|
D |
Iringan |
|
E |
Kolaborasi |
13 |
Kritik yang diterapkan oleh pengajar kesenian dalam lembaga pendidikan adalah .... |
|
|
A |
Kritik Jurnalistik |
|
B |
Kritik Pedagogik |
|
C |
Kritik Populer |
|
D |
Formalistik |
|
E |
Instrumentalistik |
14 |
Media utama dalam seni musik adalah ... |
|
|
A |
Bunyi |
|
B |
Gerak |
|
C |
Mimik |
|
D |
Tekstur |
|
E |
Goresan |
15 |
Salah satu usaha manusia untuk mengapresiasikan gagasan atau ide mereka tentang kehidupan melalui permainan musik disebut .. |
|
|
A |
Kolaborasi |
|
B |
Abstraksi |
|
C |
Eksplorasi |
|
D |
Observasi |
|
E |
Kulturasi |
16 |
Seseorang yang menggubah lagu disebut … |
|
|
A |
Vokalis |
|
B |
Song Writter |
|
C |
Encore |
|
D |
Arranger |
|
E |
Sibelius |
17 |
Seseorang yang menulis lagu dinamakan … |
|
|
A |
Vokalis |
|
B |
Song Writter |
|
C |
Encore |
|
D |
Arranger |
|
E |
Sibelius |
18 |
Kritik yang dilakukan secara terus menerus baik langsung maupun tidak langsung dan dikerjakan oleh penulis yang tidak menuntut keahlian adalah ... |
|
|
A |
Kritik Jurnalistik |
|
B |
Kritik Pedagogik |
|
C |
Kritik Populer |
|
D |
Formalistik |
|
E |
Instrumentalistik |
19 |
Pendekatan kritik yang cenderung menuntut kesempurnaan suatu karya seni adalah ... |
|
|
A |
Kritik Jurnalistik |
|
B |
Kritik Pedagogik |
|
C |
Kritik Populer |
|
D |
Formalistik |
|
E |
Instrumentalistik |
20 |
Pendekatan kritik yang menganggap seni sebagai sarana untuk mengembangkan tujuan tertentu adalah ... |
|
|
A |
Kritik Jurnalistik |
|
B |
Kritik Pedagogik |
|
C |
Kritik Populer |
|
D |
Formalistik |
|
E |
Instrumentalistik |
21 |
Berikut yang merupakan rumus tangga nada mayor yang benar adalah ... |
|
|
A |
1 ½ 1 1 1 1 ½ |
|
B |
1 1 ½ 1 1 1 ½ |
|
C |
1 1 1 ½ 1 1 ½ |
|
D |
1 1 1 1 ½ 1 ½ |
|
E |
1 ½ 1 ½ 1 1 1 |
22 |
Uraian berupa penjelasan hal-hal yang penting dari unsur nada, melodi, harmoni, ritme, dan dinamika musik adalah bagian dari ... |
|
|
A |
Deskripsi |
|
B |
Analisis |
|
C |
Interpretasi |
|
D |
Evaluasi |
|
E |
Apresiasi |
23 |
Konsep tari Jawa yang mengutamakan ketenangan, keseimbangan, keselarasan, dan harmonis dengan alam merupakan bagian dari kritik… |
|
|
A |
Nilai estetis |
|
B |
Nilai etis |
|
C |
Nilai etika |
|
D |
Nilai guna |
|
E |
Nilai social |
24 |
Berikut ini pengertian proses garap gerak tari kreasi yang benar adalah… |
|
|
A |
Tehnik dan cara yang dapat ditempuh pada saat melakukan proses pengembangan gerak tari kreasi |
|
B |
Gerak yang dikembangkan melalui hitungan |
|
C |
Proses pola hitungan dan iringan music |
|
D |
Pola lantai dan penggunaan properti dalam tari |
|
E |
Ketepatan waktu pada saat melakukan gerak tari |
25 |
Tahapan proses garap gerak tari yang benar, kecuali… |
|
|
A |
Proses melihat, mendengar, eksplorasi, stilisasi,seleksi |
|
B |
Stilisasi, kombinasi, eksplorasi, |
|
C |
Seleksi, ekplorasi, stilisasi |
|
D |
Ekplorasi, stilisasi, seleksi, penggabungan gerak |
|
E |
Kombinasi, stilisasi, ekplorasi |
26 |
Gerak yang telah mengalami proses pengolahan atau penghalusan yang mengarah pada bentuk-bentuk yang indah disebut… |
|
|
A |
Distorsi |
|
B |
Kombinasi |
|
C |
Stilisasi |
|
D |
Seleksi |
|
E |
Eksplorasi |
27 |
Proses pemilihan gerak yang sesuai dengan ide penata tari disebut… |
|
|
A |
Distorsi |
|
B |
Kombinasi |
|
C |
Stilisasi |
|
D |
Seleksi |
|
E |
Ekplorasi |
28 |
Bentuk-bentuk gerak yang dilakukan penari yang pada setiap saat dapat dilakukan berbeda tetapi masih disesuaikan dengan maksud pengadegan dari gerak itu sendiri adalah… |
|
|
A |
Improvisasi |
|
B |
Stilisasi |
|
C |
Eksplorasi |
|
D |
Seleksi |
|
E |
Kombinasi |
29 |
Suasana seputar gerak laku diatas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata dalam pementasan disebut… |
|
|
A |
Tata pentas |
|
B |
Tata gerak |
|
C |
Tata busana |
|
D |
Tata rias |
|
E |
Tata pola lantai |
30 |
Panggung yang sering digunakan dalam pertunjukan tari memiliki batasan yang jelas antara pemain dan penonton serta memiliki ketinggian khusus sehingga penonton menjadi lebih fokus adalah… |
|
|
A |
Panggung campuran |
|
B |
Panggung proscenium |
|
C |
Panggung arena |
|
D |
Panggung hajatan |
|
E |
Panggung drama |
31 |
Teater yang dalam pementasannya harus sesuai dengan aturan-aturan etis dan estetis adalah .... |
|
|
A |
Teater modern |
|
B |
Teater klasik |
|
C |
Teater rakyat |
|
D |
Teater transisi |
|
E |
Teater campuran |
32 |
Yang termasuk staf artistik dalam pementasan teater adalah sebagai berikut, kecuali….. |
|
|
A |
Asisten Sutradarn |
|
B |
Properti |
|
C |
Penata Cahaya |
|
D |
Penata Rias |
|
E |
Penata Dekorasi |
33 |
Ciri-ciri teater tradisional adalah... |
|
|
A |
Ada naskah baku |
|
B |
Karya seni bersifat temporal |
|
C |
Tidak diketahui penciptanya |
|
D |
Diketahui penciptanya |
|
E |
Penonton bersifat khusus dan membayar |
34 |
Tempo pengucapan suara, cepat-lambat-sedang dalam sebuah kalimat disebut juga.... |
|
|
A |
Intonasi |
|
B |
Dinamika |
|
C |
Artikulasi |
|
D |
Power |
|
E |
Olah suara |
35 |
Perpindahan tempat pemain dari satu tempat ke tempat lainnya adalah... |
|
|
A |
Movement |
|
B |
Gesture |
|
C |
Business |
|
D |
Gait |
|
E |
Detail |
36 |
Istilah drama dalam bahasa yunani yaitu.... |
|
|
A |
Drama |
|
B |
Draoma |
|
C |
Teater |
|
D |
Theatre |
|
E |
Drum |
37 |
Kegunaan tata lampu dan cahaya selain menerangi dan menyinari adalah membantu…… |
|
|
A |
Permainan lakon dalam melambangkan maksudnya dan memperkuat kejiwaan |
|
B |
Makna permainan dan kejelasan permainan bagi |
|
C |
Kemudahan para pemain berperan |
|
D |
Sutradara untuk mengamati pementasan |
|
E |
Kejelasan lakon bagi penonton |
38 |
Langkah yang pertama kali yang dilakukan jika kita ingin mementaskan sebuah cerita drama adalah...... |
|
|
A |
Membuat naskah |
|
B |
Pemain |
|
C |
Memilih tema |
|
D |
Memasang dekorasi |
|
E |
Amanat |
39 |
Pada perkembangan awalnya, pementasan teater merupakan sebuah pertunjukkan untuk..... |
|
|
A |
Media raja untuk mensosialisasikan program-programnya |
|
B |
Mentransformasikan ide-ide penulis naskah kepada masyarakat luas |
|
C |
Memuja dan menghormati para dewa-dewa di Yunani |
|
D |
Meramaikan suasana pada waktu pesta pernikahan |
|
E |
Merayakan hari-hari besar nasional |
40 |
Berikut adalah salah satu persamaan drama tradisional dan drama modern, yaitu… |
|
|
A |
Memiliki pementasan dan dekorasi |
|
B |
Memiliki naskah |
|
C |
Cerita berdasarkan sumber yang sama |
|
D |
Mengandalkan tarian |
|
E |
Diiringi musik yang sama |
41 |
Apresiasi karya seni rupa 3 dimensi adalah . . . |
|
|
A |
Mengamati , menilai karya seni patung |
|
B |
Mengamati dan menilai karya seni lukisan |
|
C |
Mengamati dan menilai karya seni kaligrafi |
|
D |
Mengamati dan menilai karya seni sketsa |
|
E |
Mengamati dan menilai karya seni batik |
42 |
Jenis karya seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi kemudian dapat di lihat dari berbagai arah yang menggutamakan fungsi pakai disebut . . . |
|
|
A |
Karya seni rupa 3 dimensi terapan |
|
B |
Karya seni rupa 3 dimensi murni |
|
C |
Karya seni rupa 3 dimensi fungsi hias |
|
D |
Karya seni rupa 2 dimensi murni |
|
E |
Karya seni rupa 2 dimensi terapan |
43 |
Dalam mengidentifikasi simbol pada sebuah karya seni rupa , dapat kita tentukan makna simbolik suatu karya ,dari . . . |
|
|
A |
Garis |
|
B |
Warna |
|
C |
Bidang |
|
D |
Tema atau judul |
|
E |
Bentuk |
44 |
Dalam mengunjungi pameran seni, pengamat seni akan memberikan apresiasi terhadap karya karya yang di pamerkan. Kata apresiasi berasal dari bahasa latin “appretiatus” yang artinya penilaian atau ... |
|
|
A |
Penghargaan |
|
B |
Penawaran |
|
C |
Penjualan |
|
D |
Pembelian |
|
E |
Penciptaan |
45 |
Tempat untuk meletakkan atau memajang karya seni 2 dimensi disebut ... |
|
|
A |
Panil |
|
B |
Level |
|
C |
Meja |
|
D |
Kursi |
|
E |
Pintu |
46 |
Tempat untuk meletakkan karya tiga dimensi... |
|
|
A |
Panil |
|
B |
Level |
|
C |
Dinding |
|
D |
Kursi |
|
E |
Sktesel |
47 |
Dalam mendukung pelaksanaan pameran, diperlukan penyusunan struktur organisasi ... |
|
|
A |
pameran. |
|
B |
Kepanitiaan |
|
C |
Kegiatan |
|
D |
Anggota |
|
E |
Anggaran |
48 |
Pelaksanaan pameran disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.misalnya pada akhir semester atau pada waktu penerimaan raport semester. Hal tersebut tergolong dalam merencanakan pameran pada tahapan ... |
|
|
A |
Menentukan waktu dan tempat |
|
B |
Merumuskan proposal |
|
C |
Menentukan tema |
|
D |
Menentujukan tujuan |
|
E |
Menyusun kepanitiaan |
49 |
Syarat utama terselenggaranya pameran adalah ... |
|
|
A |
Ketersediaan karya |
|
B |
Panitia |
|
C |
Tempat |
|
D |
Waktu |
|
E |
Ruang |
50 |
Penyelenggaraan pameran memerlukan perlengkapan ( sarana dan prasarana ) agar karya yang di pamerkan dapat diapresiasi dengan baik sehingga tujuan pameran sesuai dengan yang diharapkan. Manakah perlengkapan pameran untuk karya 2 dimensi .... |
|
|
A |
Panel |
|
B |
Level |
|
C |
Sound |
|
D |
Lampu sorot |
|
E |
Poster |
Home » X SENI BUDAYA GENAP K13 REV 2017
Langganan:
Postingan (Atom)
0 Response to "X SENI BUDAYA GENAP K13 REV 2017"
Posting Komentar