IQ-Comp

X SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL GENAP K13 REV 2017

1

Apa yang dimaksud dengan Komunikasi ?

 

A

Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri

 

B

Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima

informasi

 

C

Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi

 

D

Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet

 

E

Suatu pembelajaran

2

Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?

 

 

A

Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif

 

B

Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar

 

C

Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan

antara wilayah ataupun diluar daerah

 

D

 a dan c benar

 

E

Semua salah

3

Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan

Komputer/Laptop dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?

 

A

 Modulator Demodulato

 

B

Modulator Demulator

 

C

Modulator Demudolator

 

D

Modelator Demoulator

 

E

Moderator Demulator

4

Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..

 

A

Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer

 

B

 Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup

Luas

 

C

Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain

 

D

 Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi

 

E

Semua jawaban benar

5

Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keuntungan,

Namun kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..

 

A

Penyebaran Virus di beberapa Website

 

B

Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)

 

C

Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah

 

D

a dan b Benar

 

E

Semua jawaban salah

6

Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?

 

A

Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator

 

B

 Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa

 

C

Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet

 

D

 a dan b Benar

 

E

Semua jawaban salah

7

Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah

Satunya adalah ..

 

A

 Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain

 

B

 Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media Social

 

C

 Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di

dalam suatu komunitas yang telah dibuat

 

D

a dan c Benar

 

E

Melanggar aturan yang berlaku

8

Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?

 

A

Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat

digunakan untuk memperoleh Eskrim

 

B

 Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan

merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang

diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan

merusaknya

 

C

Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi

komunikasi yang baik

 

D

Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di

Jaringan Internet

 

E

C dan D benar

9

Platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah

adalah pengertian dari …

 

A

Edmodo

 

B

Facebook

 

C

Google +

 

D

Twitter

 

E

Skype

10

Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.

 

A

User name dan password

 

B

Nama dan alamat

 

C

E­mail dan Username

 

D

Alamat dan tanggal lahir

 

 

E

Komentar dan user name

11

Tahun berapa Edmodo dikembangkan….

 

A

Akhir tahun 2000

 

B

Pertengahan 2001

 

C

Awal tahun 2007

 

D

Awal tahun 2008

 

E

Akhir tahun 2008

12

Di bawah ini kelebihan Edmodo, kecuali….

 

A

User interface

 

B

Sosial media

 

C

Compatibility

 

D

Aplikasi

 

E

Sharing Data

13

Edmodo dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi….

 

A

Bersemangat 

 

B

Santai

 

C

Malas

 

D

Kurang bersemangat

 

E

Semua benar

14

Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa

digitkah kode grup yang harus dimasukkan….

 

A

5 digit

 

B

6 digit

 

C

7 digit

 

D

8 digit

 

E

9 digit

15

Untuk mendaftar Edmodo sebagai guru kita harus mengklik….

 

A

I’m teacher

 

B

I’m student

 

C

Sign in

 

D

I’m parent

 

E

I’m professor

16

Untuk mendaftar Edmodo sebagai siswa kita harus mengklik….

 

A

I’m teacher

 

B

I’m student

 

C

Sign in

 

D

I’m parent

 

E

I’m professor

17

Di bawah ini fitur­fitur yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….

 

A

Ganti foto profile

 

B

Tampilan seperti facebook

 

C

Membuat event atau jadwal kegiatan penting

 

D

Interaksi guru dengan murid secara mudah

 

E

Tidak bisa diakses oleh HP

18

Di bawah ini adalah fitur edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru, kecuali….

 

A

Quiz    

 

B

Polling

 

C

 Game

 

D

Library

 

E

Assignment

19

Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi untuk….

 

A

Memudahkan para guru dan murid saling berinteraksi

 

B

Mempermudah berbagi pengalaman

 

C

Mempersulit untuk berinteraksi

 

D

Membuat status

 

E

Membuat quiz

20

Tombol “I’m teacher” digunakan oleh…

 

A

Murid

 

B

Guru

 

C

Orangtua

 

D

Sekolah

 

E

Pilot

21

Tombol “I’m student” digunakan oleh…

 

A

Murid

 

B

Guru

 

C

Orangtua

 

D

Sekolah

 

E

Pilot

22

Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…

 

A

Murid

 

B

Guru

 

C

Orangtua

 

D

Sekolah

 

E

Pilot

23

Tombol “School & District” digunakan oleh…

 

A

Murid

 

B

Guru

 

C

Orangtua

 

D

Sekolah

 

E

Pilot

24

Di bawah ini fitur yang disediakan oleh Edmodo untuk mendaftar, kecuali…

 

A

I’m teacher

 

B

I’m student

 

C

I’m crazy

 

D

I’m a parent

 

E

School & District

25

Siapa pembuat/pendiri Edmodo…

 

A

Nicolas Borg dan James

 

B

Albert dan Jeff O’Hara

 

C

Nicolas Borg dan Jeff O’Hara

 

D

Cristian dan Michael

 

E

Erick dan Robert

26

Di bawah ini tools yang ada di Edmodo, kecuali…

 

A

Follow

 

B

Home

 

C

Backpack

 

D

Notification

 

E

Account

27

Di bawah ini yang terdapat di dalam Account, kecuali…

 

A

Profile

 

B

Settings

 

C

 Sign in

 

D

Help

 

E

Log out

28

Dengan mengklik apa jika kita ingin membuat grup atau masuk ke suatu grup di dalam

Edmodo, adalah….

 

A

Join or create

 

B

Join or clear

 

C

Join or back

 

D

Create or clear

 

E

Create or exit

29

Jejaring social yang diluncurkan oleh Google Inc, adalah…

 

A

Facebook

 

B

Google +

 

C

Twitter

 

D

Edmodo

 

E

Skype

30

Sebagai warga digital anda harus menjunjung tinggi norma-norma berikut, kecuali

 

A

Sopan santun

 

B

Tanggung Jawab

 

C

Etika dalam berkomunikasi

 

D

Hormat menghormati

 

E

Menebar Kebencian

31

E-mail yang masuk ke dalam akun e-mail yang kita miliki akan masuk pada bagian....

 

A

Inbox

 

B

Draf

 

C

Spam

 

D

Attachment

 

E

Sent

32

Beberapa layanan video chat yang dapat juga digunakan untuk video conference, kecuali

 

A

Skype

 

B

Google +

 

C

Hangout

 

D

Bigbluebutton

 

E

Google Drive

33

Komunikasi daring dilakukan dengan menggunakan jaringan...

 

A

Internet

 

B

Telepon

 

C

Kabel

 

D

Seluler

 

E

Komputer

34

Proses penyampaian pikiran atau perasaan dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak disebut...

 

A

Komunikan

 

B

Audiens

 

C

Komunikasi

 

D

Berbicara

 

E

Bertemu

35

Komunikasi yang terjadi di dunia semu lazzim disebut komunikasi di dunia maya atau...

 

A

Cybercrime

 

B

Cyberspace

 

C

Cyber

 

D

Dunia nyata

 

E

Dua dunia

36

Kegemaran berkomunikasi dengan media internet menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut....

 

A

Komunikasi internet

 

B

Komunikasi netter

 

C

Komunikasi web

 

D

Komunikasi virtual

 

E

Komunikasi user

37

Untuk login ke Google+ dibutuhkan akun....

 

A

Google

 

B

Yahoo

 

C

Facebook

 

D

Instagram

 

E

Hotmail

38

Komunikasi dapat dikatakan langsung atau tidak langsung bergantung pada...

 

A

Respon yang diberikan secara langsung atau tidak

 

B

Media yang digunakan

 

C

Aplikasi yang digunakan

 

D

Perangkat jaringan

 

E

Tujuan dan fungsi komunikasi

39

Rocketmail merupakan salah satu media komunikasi secara

 

A

Real time

 

B

Tidak langsung

 

C

Up to date

 

D

Langsung

 

E

synchoronous

40

Berikut tidak termasuk aplikasi untuk video chat, yaitu....

 

A

Gtalk

 

B

Facebook

 

C

Skype

 

D

Yahoo Messenger

 

E

Hotmail

41

Protocol berfungsi sebagai...

 

A

Penyedia jaringan

 

B

Sebagai perantara data

 

C

Tempat untuk pemrosesan data

 

D

Penghubung antara pengguna ke jaringan

 

E

Mengatur komunikasi data dan menjamin data sampai ditujuan

42

Browser yang mendukung aplikasi Gtalk, yaitu...

 

A

Google Chrome

 

B

Safari

 

C

Internet explore

 

D

Netscpe navigator

 

E

Microsoft internet explore

43

Penggunaan etika dalam berkomunikasi bertujuan untuk...

 

A

Menunjukkan jati diri sesungghnya

 

B

Untuk meyakinkan lawan chatting

 

C

Kewajiban menghormati orang yang lebih tua

 

D

Tidak menyinggung perasaan lawan chatting

 

E

Menyampaikan informasi tepat

44

Meskipun hanya melalui aplikasi yang terhubung dengan internet, komunikasi tersebut sangat mendukung dalam komunikasi jarak jauh yang tidak mungkin dilakukan bertatap muka. Kalimat tersebut adalah fungsi komunikasi daring...

 

A

Komunikasi sosial

 

B

Komunikasi interaktif

 

C

Komunikasi ekspresif

 

D

Komunikasi real time

 

E

Komunikasi instrumental

45

Merupakan perangkat keras yang secara asat mata atau fisik dapat dilihat dan disentuh yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi, adalah kompoonan komunikasi daring dalam kelompok...

 

A

Komponen software

 

B

Komponen hardware

 

C

Kommponen pengguna

 

D

Komponen data

 

E

Protocol

46

Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan, kalimat tersebut termasuk keunggulan komunikasi daring...

 

A

Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

 

B

Efisiensi biaya

 

C

Efisiensi waktu

 

D

Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya

 

E

Meningkatkan intensitas berkomunikasi

47

Berikut ini adalah contoh komunikasi langsung, kecuali...

 

A

Text chat

 

B

Video chat

 

C

Video conference

 

D

Video call

 

E

e-mail

48

Fitur layanan video chat gratis dari google yang memungkinkan obrolan satu lawan satu dan obrolan grup hingga sepuluh orang pada waktu bersamaan adalah...

 

A

Gmail

 

B

Google search

 

C

Drive

 

D

Hangouts

 

E

Google+

49

Sarana berkirim kiriman surat melalui jaringan komputer (misalnya internet) disebut....

 

A

Email

 

B

Kotak surat

 

C

Kotak

 

D

Elearning

 

E

Mailing list

50

Kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan peangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggang waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi disebut...

 

A

Real time

 

B

Real over

 

C

Real on

 

D

Real set

 

E

Real show

0 Response to "X SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL GENAP K13 REV 2017 "

Posting Komentar