1 |
Bacalah teks negosiasi berikut dengan saksama! Siang itu di sekolah, setelah pelajaran Bahasa Indonesia selesai dan waktu istirahat tiba, Dinda, Liana, dan Tika melakukan percakapan mengenai tugas Bahasa Indonesia yang diberikan Bu Nurul. (1) Liana : Teman-teman bagaimana kalau kita mengerjakan tugas kelompok yang tadi, nanti sore setelah pulang sekolah? (2) Dinda : Saya setuju supaya tugas kita cepat selesai dan kita punya waktu untuk mengerjakan tugas yang lain. (3) Tika : Tapi, teman-teman nanti sore saya harus menjenguk paman saya yang sedang sakit. (4) Dinda : Kalau begitu bagaimana kalau besok lusa sore saja? Apakah kalian punya waktu luang? (5) Liana : Besok lusa sore saya harus menemani ibuku membeli kebutuhan keluarga di supermarket. (6) Tika : Baiklah, kalau minggu pagi bagaimana teman-teman? (7) Dinda : Minggu pagi saya setuju karena saya tidak mengerjakan apa-apa. (8) Liana : Saya setuju jika minggu pagi, tetapi jangan terlalu pagi ya. Kira-kira jam 9 pagi saya bisa. (9) Tika : Baiklah kita berkumpul di depan gerbang sekolah dan mengerjakan tugas di tempat biasa ya. Hal-hal yang dinegosiasikan dalam teks negosiasi tersebut adalah … |
|
|
A |
Cara mengerjakan tugas |
|
B |
Tempat untuk mengerjakan tugas |
|
C |
Waktu untuk mengerjakan tugas |
|
D |
Tim untuk mengerjakan tugas |
|
E |
Materi yang akan dikerjakan |
2 |
Pada soal nomor 1 di atas, bagian negosiasi dalam teks terdapat pada kalimat … |
|
|
A |
1 |
|
B |
2 |
|
C |
3 |
|
D |
4 |
|
E |
9 |
3 |
Bacalah dengan saksama surat penawaran berikut!
PT Selalu Jaya Jalan Kebangsaan Timur 8 Yogyakarta Telepon (0274) 6565656
Nomor : 035/SJ/IV/2018 14 April 2018 Perihal : Surat Penawaran
(1) …………….. ……………..
Dengan hormat, Dengan ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak. Perusahaan kami bernama PT Selalu Jaya yang bergerak dibindang distributor alat tulis kantor. Menurut informasi yang kami peroleh, PT Maju Terus adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Yogyakarta. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat tulis kantor yang kami pasarkan. Bersama ini, kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing. Jika perusahaan Bapak membutuhkan layanan kami, cukup menghubungi kami melalui nomor telepon (0274) 65656 dan kami akan mengantarkan barang langsung ke lokasi. Selanjutnya, kami akan mengirin invoice setiap akhir bulan untuk transaksi-transaksi yang terjadi pada bulan yang bersesuaian. Kami akan memberikan diskon khusus jika akumulasi pembelian dalam satu bulan lebih dari Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah). Kami berharap agar penawaran ini, dapat dilanjutkan ke dalam bentuk kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Bapak berminat, kami siap melakukan presentasi dan pembicaraan lebih lanjut. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Al-Burhan Sidiq Manajer Marketing
Penulisan alamat yang dituju yang tepat melengkapi bagian rumpang nomor (1) adalah … |
|
|
A |
Yth. Manajer General Affair |
|
B |
PT Maju Terus |
|
C |
Jalan Malioboro 23 |
|
D |
Yogyakarta |
|
E |
Kepada Yth. Manajer General Affair |
4 |
Pada soal nomor 3 di atas, hal yang ditawarkan pada kutipan surat tersebut adalah… |
|
|
A |
Alat tulis kantor |
|
B |
Jasa pengiriman barang |
|
C |
Properti perumahan |
|
D |
Alat tulis kantor |
|
E |
Seragam karyawan perusahaan |
5 |
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami menghaturkan terima kasih banyak. Perbaikan kalimat penawaran yang dicetak miring yang tepat adalah … |
|
|
A |
Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih banyak. |
|
B |
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih. |
|
C |
Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih. |
|
D |
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih. |
|
E |
Mohon maaf atas segala kekurangannya, terima kasih atas perhatian Saudara. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami tidak lupa mengucapkan terima kasih. |
6 |
Tujuan utama melakukan negosiasi adalah … |
|
|
A |
Mengalahkan mitra negosiasi |
|
B |
Menunjukkan kualitas dan kompetensi diri |
|
C |
Menetapkan posisi perusahaan |
|
D |
Menemukan solusi bersama yang terbaik |
|
E |
Melatih kemampuan vokal di depan umum |
7 |
Cermatilah kutipan negosiasi berikut! “Mengingat kita hanya mempunyai waktu tidak lebih dari tiga minggu untuk persiapan, maka usul Saudari Ninda dan Saudara Novan sebaiknya kita ambil sebagai keputusan bersama. Bagaimana teman-teman?” Kalimat-kalimat dalam kutipan tersebut merupakan isi sebuah struktur negosiasi, yaitu … |
|
|
A |
Penyampaian materi negosiasi |
|
B |
Usulan dan alasan |
|
C |
Tawar-menawar dan penyelesaian masalah |
|
D |
Penutupan |
|
E |
Penyampaian masalah yang akan diputuskan |
8 |
Prinsip utama dalam sebuah negosiasi adalah … |
|
|
A |
Kemitraan-kesetaraan |
|
B |
Kompromi saling mengalahkan |
|
C |
Kesadaran secara sukarela untuk bernegosiasi |
|
D |
Mengorbankan tujuan pihak lain |
|
E |
Kekuatan yang relatif seimbang |
9 |
Perhatikan struktur negosiasi berikut! 1. Pembukaan 2. Penutup 3. Penyampaian materi negosiasi 4. Tawar-menawar dan penyelesaian masalah Urutan struktur sebuah negosiasi yang tepat adalah … |
|
|
A |
1, 2, 3, 4 |
|
B |
1, 3, 2, 4 |
|
C |
1, 2, 4, 3 |
|
D |
1, 3, 4, 2 |
|
E |
3, 1, 4, 2 |
10 |
Perhatikan tema-tema negosiasi berikut! 1. Besar sumbangan per rumah tangga untuk renovasi tempat ibadah 2. Penentuan jenis tanaman yang cocok untuk lahan kritis 3. Penentuan wakil desa untuk lomba cerdas cermat di kecamatan 4. Jual-beli jabatan di perusahaan 5. Jual-beli tanah dengan harga tetap Dari kelima tema negosiasi tersebut, yang merupakan negosiasi perniagaan adalah … |
|
|
A |
1 |
|
B |
2 |
|
C |
3 |
|
D |
4 |
|
E |
5 |
11 |
Berikut ini yang merupakan contoh hal yang dapat dinegosiasikan adalah … |
|
|
A |
Menggunakan ATM |
|
B |
Cara membuat kue |
|
C |
Berkunjung ke rumah nenek |
|
D |
Pemilihan calon kepala desa |
|
E |
Lomba menyanyi |
12 |
Kalimat pembuka negosiasi yang tepat diutarakan dalam sebuah rapat untuk menegosiasikan tempat Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) IPM adalah … |
|
|
A |
Teman-teman semua, ayo negosiasinya segera dimulai. |
|
B |
Selamat pagi teman-teman. Berdasarkan agenda, rapat kali ini akan menegosiasikan tempat yang tepat untuk LDK IPM. |
|
C |
Selamat pagi teman-teman. Berdasarkan program tahunan IPM, setiap kepengurusan yang baru akan mengadakan acara LDK. |
|
D |
Selamat pagi teman-teman. Berdasarkan program kita akan mengadakan LDK IPM. Ayo, segera dimulai rapatnya. |
|
E |
Selamat pagi teman-teman. Berdasarkan program IPM, kita akan mengadakan LDK. Tempatnya enaknya dimana? |
13 |
Pernyataan yang tidak tepat dalam penyampaian pendapat dalam negosiasi adalah … |
|
|
A |
Menyampaikan dengan argumentasi yang benar |
|
B |
Menyampaikan dengan kalimat yang santun |
|
C |
Menyampaikan dengan kalimat yang dapat meyakinkan mitra bicara |
|
D |
Menyampaikan dengan ucapan yang tegas dan kasar |
|
E |
Menyampaikan dengan kalimat menarik |
14 |
Orang yang mengatur jalannya sebuah debat disebut … |
|
|
A |
Notulen |
|
B |
Orator |
|
C |
Moderator |
|
D |
Narator |
|
E |
Resensator |
15 |
Bacalah teks debat berikut dengan saksama! Kebiasaan Minum Teh Baik atau Buruk? Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. Bahkan, kebiasaan minum teh menjadi bagian dari tradisi. Biasanya, teh disajikan ketika ada kunjungan tamu, pertemuan, atau bagian dari sarapan dan bersantai di malam hari. The diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat. Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, kebiasaan meminum teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian. Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat pada teh antara lain polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu dalam memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung, B-caroten (13-20%), caffeine (45-50 mg%), dan flour (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi dalam membantu dalam mencegah tumbuhnya caries pada gigi serta memperkuat gigi. Akan tetapi, dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar mempunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Kafein yang terdapat dalam teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu, caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya. Pada ibu menyusui, caffeine memengaruhu kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat caffein pada bayi, zat ini dapat menyebabkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan dalam teh juga kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal. Jika Anda ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Hal tersebut masih dapat dikatakan dalam jumlah batas normal kadar kafein yang bisa dokonsumsi, yaitu setara 750 mg/hari. Usahakan seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh. Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan. (dikutip dari https://www.yuksinau.id/kumpulan-contoh-teks-diskusi-singkat/)
Isu yang diangkat dalam teks debat tersebut adalah… |
|
|
A |
Kandungan dalam minuman teh |
|
B |
Kebiasaan minum teh |
|
C |
Cara mengolah teh |
|
D |
Bahasa minum teh manis |
|
E |
Membandingkan teh tawar dan teh manis |
16 |
Pada soal nomor 15 di atas, argumen menentang (kontra) dalam teks tersebut terdapat pada paragraf … |
|
|
A |
5 |
|
B |
4 |
|
C |
3 |
|
D |
2 |
|
E |
1 |
17 |
Pada soal nomor 15 di atas, paragraf ke-5 dalam teks debat tersebut merupakan bagian… |
|
|
A |
Isu |
|
B |
Mosi |
|
C |
Argumen pendukung (pro) |
|
D |
Simpulan |
|
E |
Argumen menentang (kontra) |
18 |
Perhatikan pernyataan berikut! “Menurut saya, budaya membaca buku di Indonesia masih sangat kurang. Membaca buku belum menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang Indonesia. Selain itu, sebagian besar masyarakat tidak biasa membaca buku karena tidak memiliki akses mudah untuk membaca buku. Kalaupun ada perpustakaan umum, isinya belum bisa dikategorikan layak. Begitu juga dengan perpustakaan sekolah”. Kutipan pernyataan tersebut merupakan mosi dalam debat bertema … |
|
|
A |
Budaya membaca di Indonesia |
|
B |
Gaya hidup masyarakat Indonesia |
|
C |
Kondisi perpustakaan di Indonesia |
|
D |
Akses mendapat buku |
|
E |
Isi perpustakaan umum |
19 |
Berikut ini kalimat yang menggunakan konjungsi pertentangan adalah … |
|
|
A |
Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. |
|
B |
Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan. |
|
C |
Jika Anda ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. |
|
D |
Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan. |
|
E |
Akan tetapi, di balik manfaat yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar mempunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. |
20 |
Salah satu alasan yang mendorong orang untuk berdebat adalah … |
|
|
A |
Menjatuhkan lawan debat |
|
B |
Menunjukkan kepintaran dan wawasan |
|
C |
Meyakinkan orang lain bahwa opini dia lebih baik |
|
D |
Agar mendapat perhatian publik |
|
E |
Mendapat simpati dari masyarakat |
21 |
Kalimat yang menyatakan sebab akibat adalah … |
|
|
A |
Bahkan, kebiasan minum teh merupakan bagian dari tradisi. |
|
B |
Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan. |
|
C |
Kafein yang terdapat dalam teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. |
|
D |
Usahakan seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula untuk mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh. |
|
E |
Hal tersebut masih dikatakan dalam jumlah batas normal kadar kafein yang dikonsumsi, yaitu 750 mg/hari. |
22 |
Perhatikan kutipan teks debat berikut! Akan tetapi, ada jenis narkoba yang tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran, misalnya, untuk melakukan bius pada pasien ataupun yang ada dalam suatu obat khusus. Namun demikian, dosis yang digunakan sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya. Kutipan teks debat tersebut termasuk ke dalam bagian … |
|
|
A |
Isu |
|
B |
Simpulan |
|
C |
Argumen menentang |
|
D |
Argumen mendukung |
|
E |
Pendapat |
23 |
Perhatikan kutipan teks debat berikut! Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan. Isu yang diangkat dalam kutipan teks debat tersebut adalah … |
|
|
A |
Kebijakan pemerintah menetapkan full day school |
|
B |
Kekhawatiran orang tua akan ketetapan pemerintah |
|
C |
Berita yang membuat orang tua senang |
|
D |
Manfaat diberlakukannya full day school |
|
E |
Dampak negatif penerapan full day school |
24 |
Kalimat yang tepat untuk mendukung pendapat pada diskusi dengan tema nilai UN Bahasa Indonesia lebih kecil daripada nilai UN pelajaran lainnya adalah … |
|
|
A |
Saudara penyaji jangan hanya membandingkan pelajaran Bahasa Indonesia dengan pelajaran lain, dong. |
|
B |
Saya tidak sependapat dengan Saudara penyaji karena pelajaran Bahasa Indonesia sebenarnya mudah. |
|
C |
Saya kurang sependapat dengan pendapatnya penyaji karena tidak didukung oleh data yang akurat. |
|
D |
Pendapat penyaji sangat tepat karena selama ini nilai UN Bahasa Indonesia siswa lebih kecil daripada nilai UN lainnya. |
|
E |
Pendapat penyaji sebenarnya cukup baik, tetapi pendapat tersebut perlu diuji lebih lanjut. |
25 |
Seorang peserta diskusi mengusulkan bahwa untuk membuat dan merawat taman sekolah, lebih baik kita menggaji beberapa tenaga. Apabila peserta lain menolak pendapat tersebut, kalimat penolakan yang tepat adalah … |
|
|
A |
Pendapat Anda memang baik, tetapi sebaiknya kita adakan pembagian tugasnya daripada menggaji orang lain. |
|
B |
Pendapat Anda memang baik, tetapi masih sulit diterima oleh akal. |
|
C |
Saya tidak setuju dengan pendapat Saudara untuk menggaji orang untuk membuat dan merawat taman. |
|
D |
Dari mana kita mengumpulkan dana untuk membiayai pembuatan dan perawatan taman. |
|
E |
Apakah sudah Saudara konsultasikan hal ini kepada kepala sekolah? |
26 |
Memang benar kalau kemandirian merupakan jawaban klise dari tiap anak yang meraksan kehidupan langsung di asrama. Akan tetapi, itu tergantung pada sikap kamu dalam menghadapi realitasa asrama yang kegiatannya seabrek. Semakin banyak kegiatan yang kamu ikuti, kamu semakin sulit mengatur waktu. Pernyataan pendukung terhadap isi paragraf tersebut adalah … |
|
|
A |
Waktu perlu diatur dengan baik di mana pun dan kapan pun. |
|
B |
Setiap siswa sebaiknya tinggal di asrama sehingga hidupnya bisa lebih teratur. |
|
C |
Asrama sering mengadakan berbagai kegiatan yang merepotkan para penghuninya. |
|
D |
Kecakapan dalam mengatur waktu itu sangat penting dalam kehidupan berasrama. |
|
E |
Pengelola asrama harus memperhatikan kesiapan para penghuninya agar mereka bisa betah tinggal di dalamnya. |
27 |
Kalimat sanggahan yang tepat sesuai aturan adalah … |
|
|
A |
Saya sangat tidak setuju dengan pernyataan Saudara. Saudara harus memikirkannya kembali agar pernyataan Saudara lebih dapat diterima oleh logika. |
|
B |
Saya tidak setuju dengan penyaji karena pernyataanya tidak sesuai dengan fakta yang ada. |
|
C |
Saya kurang sependapat dengan Saudara. Kita tidak dapat melihat dari satu pihak, tetapi harus lihat dari pihak yang lainnya juga. |
|
D |
Saya sangat sependapat dengan Saudara. Semua harus segera diatasi. |
|
E |
Saya menyatakan menolak pernyataan Saudara karena tidak menguntungkan diri saya. |
28 |
Bacalah teks biografi berikut dengan saksama! Biografi Bob Sadino – Pengusaha Sukses Dari Indonesia
Beliau bernama lengkap Bob Sadino. Lahir di Lampung, tanggal 9 Maret 1933, wafat pada tanggal 19 Januari 2015. Beliau akrab dipanggil dengan Om Bob. Ia adalah pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia terlihat banyak menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tunya meninggal, Bob yang waktu itu berusia 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandung yang lain sudah dianggap hidup mapan. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di Kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed. Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Ia membawa serta dua Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan, sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tingal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri. Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp100,00. Ia pun sempat depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya. Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik. Ketika beternak ayam itulah, muncul inspirasi berwirausaha. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya. Ia mendapat ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup, tentu manusia pun juga bisa. Sebagai peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telur. Dalam tempo satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya menetap di Kemang, Jakarta Selatan, di mana terdapat banyak menetap orang asing. Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan, babu orang asing sekali pun. Namun, mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal supermarket (pasar swalayan) Kemchiks. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Bisnis swalayan Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis khususnya holtikultura mengelola kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerja sama dengan para petani di beberapa daerah. Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang. (dikutip dari https://voffice.co.id/jakarta-virtual-office/business-tips/biografi-bob-sadino-pengusaha-sukses-dari-indoneia/)
Bagian orientasi dalam teks tersebut terdapat pada paragraf … |
|
|
A |
1 |
|
B |
2 |
|
C |
3 |
|
D |
4 |
|
E |
5 |
29 |
Keteladanan yang dapat ditiru dari tokoh dalam biografi tersebut di atas adalah … |
|
|
A |
Mendapat seluruh warisan keluarganya. |
|
B |
Menghabiskan seluruh warisannya untuk bepergian ke luar negeri. |
|
C |
Pantang menyerah dalam menghadapi kegagalan. |
|
D |
Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. |
|
E |
Memelihara ayam untuk mengurangi depresi. |
30 |
Bacalah kutipan teks biografi berikut dengan saksama! Kepiawaian Idris Sardi dibentuk sejak kecil. Saat berusia enam tahun dia telah menggesek biola dan minta untuk diajari. Sang ayah masih kurang mengacuhkannya. Namun, dia tetap gigih menggesek biola. Pada usia delapan tahun, Idris sudah berkesempatan belajar menggesek biola pada Nicolai Vorfolomeyeff, seorang musikus dari Rusia yang kala itu turut memimpin Orkes Radio Jakarta. Idris yang masih kelas III SD diterima Nicolai sebagai mahasiswa luar biasa AMI (Akademi Musik Indonesia) Yogyakarta. Sejak masih bocah, dia sudah sangat sibuk. Pagi hari dia harus ke RRI, sebelum ke sekolah. Siangnya kuliah sebagai mahasiswa luar biasa di AMI. Sorenya ke RRI lagi. Si bocah kecil, nan ajaib ini kian lincah bermain biola, laksana Mozart dalam komposisi. Ketika usianya sepuluh tahun, pada 1949, Idris pertama kali berkesempatan ikut dalam konser AMI, di Gedung Negara, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978) Yogyakarta. Dia menjadi rebutan penonton yang antre menyalami seusai pergelaran. Sang ayah baru sadar akan bakat dan keahlian anaknya yang luar biasa, bahkan akan melebihinya. Sadar akan hal itu, Sang ayah makin mendorong dan mendukungnya. Idris tumbuh menjadi musisi berbakat dan hebat. Dia sukses sebagai ilustrator dan penata musik film. Dia pun meraih beberapa penghargaan komponis dan ilustrator musik untuk film. Idris Sardi mempunyai murid yang telah sukses menjadi violis juga, yaitu Fayza Maylaffayza Wiguna. Menurut Fayza, gesekan Idris mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti. Keteladanan tokoh Idris Sardi pada kutipan biografi tersebut adalah… |
|
|
A |
Menggunakan kesempatan belajar dengan baik sebagai pengalaman hidupnya. |
|
B |
Menjadi penyiar RRI Yogyakarta dijalaninya sejak masih kelas III SD. |
|
C |
Bakat dan keahlian bermain biola menjadikannya meraih bebrapa penghargaan di bidang musik. |
|
D |
Kegigihanya dalam belajar membuat ia hidup sukses dan menjadi manusia luar biasa. |
|
E |
Gesekan biola Idris Sardi mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti oleh murid-murid. |
31 |
Bacalah kutipan teks biografi berikut dengan saksama! Dalam menjalani tugasnya, baik di zaman Belanda, zaman Jepang, maupun zaman republik, Arminj Pane sering menyaksikan “hal yang tidak beres” yang menusuk hati nuraninya. Ketika menjadi Kepala Bagian Kesusastraan di Pusat Kebudayaan Jepang oleh armada sekutu di sekitar Morotai (terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara), Jepang meminta Arminj agar membuat berita. Karena Arminj seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta, laporannya dibuat apa adanya. Akibatnya dia harus berhadapan dengan Kempetai (satuan polisi militer Jepang). Ia menderita lahir dan batin akibat perlakuan kasar Kempetai. Hal itu merupakan satu diantara pengalaman pahitnya yang menyebabkan dirinya terkena pukulan terus-menerus dalam pekerjaannya. Hal yang dapat diteladani pada diri Arminj Pane adalah … |
|
|
A |
Sabar dan tabah dalam menghadapi perlakukan kasar kempetai |
|
B |
Berani menulis berita sesuai dengan pendapatnya. |
|
C |
Seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta. |
|
D |
Berhasil saat menjabat sebagai Kepala Bagian Kesusastraan. |
|
E |
Berusaha netral dalam melihat hal-hal yang tidak beres. |
32 |
Bacalah kutipan teks biografi berikut dengan saksama! Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 22 Juli 1922. Sekolahnya hanya sampai MULO, setingkat dengan SMP, dan itu pun tidak tamat. Setelah itu, ia pindah ke Jakarta. Ia banyak membaca buku dan belajar sendiri sehingga tulisannya matang dan padat berisi. Ia mulai muncul karena sajak-sajaknya mendapatkan hadiah. Sifatnya eksentrik dan tidak mau dikuasai oleh Kantor Pusat Kebudayaan. Dari esai-esai dan sajak-sajaknya, jelas sekali ia seorang individualis yang bebas. Keteladanan Chairil Anwar dalam biografi tersebut adalah … |
|
|
A |
Sajaknya mendapat hadiah. |
|
B |
Ia bekerja di Kantor Pusat Kebudayaan. |
|
C |
Ia hanya bersekolah sampai MULO/SMP. |
|
D |
Ia seorang yang ekssentrik. |
|
E |
Ia banyak membaca dan belajar sendiri. |
33 |
Kutipan biografi pada soal nomor 32 di atas termasuk ke dalam bagian … |
|
|
A |
Reorientasi |
|
B |
Peristiwa |
|
C |
Masalah |
|
D |
Orientasi |
|
E |
Isu |
34 |
Cermatilah pernyataan yang berhubungan dengan biografi berikut! 1. Memuat fakta yang dinarasikan 2. Berisi keteladanan tokoh 3. Berdasarkan opini penulis 4. Judul cukup ditulis dengan nama tokoh Pernyataan yang tepat tentang biografi ditandai dengan nomor |
|
|
A |
1 dan 2 |
|
B |
1 dan 3 |
|
C |
2 dan 3 |
|
D |
2 dan 4 |
|
E |
3 dan 4 |
35 |
Cermatilah kutipan teks biografi berikut! Putri Diana terkenal dengan aktivitas sosial dan kemanusiaannya. Aktivitasnya mendukung berbagai kegiatan amal bagi para tunawisma, anak telantar, dan penderita AIDS tetap berlanjut. Pada Januari 1997, dia berkunjung ke Angola untuk mendukung kampanye antiranjau darat oleh Palang Merah Internasional. Selain mengundang simpati dari berbagai kalangan, kunjungannya ini juga mengundang kritik dari beberapa politisi. Inti dari kutipan biografi tersebut adalah … |
|
|
A |
Putri Diana aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan |
|
B |
Putri Diana banyak mendapat simpati dari rakyat |
|
C |
Putri Diana berkeliling dunia pada Januari 1997 |
|
D |
Selain mendapat simpati, Putri Diana juga dikritik politisi |
|
E |
Putri Diana sangat mendukung kegiatan amal |
36 |
Cermatilah puisi berikut! POT Pot apa pot itu pot kaukah pot aku pot pot pot yang jawab pot pot pot kaukah pot itu yang jawab pot pot pot potkah pot aku pot pot pot potapapotipu potkah pot aku? POT
Ciri yang menonjol puisi tersebut adalah … |
|
|
A |
Menampilkan simbol-simbol bahasa yang berulang |
|
B |
Mengulang kata yang berupa jawaban pertanyaan |
|
C |
Membuat bentuk yang berbeda dengan yang lain |
|
D |
Mengulang kata yang sama pada setiap larik |
|
E |
Tipografi, pengulangan kata, dan persamaan bunyi. |
37 |
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama! Tentang Pohon 3 Gergaji tak pernah berjanji kepada angin untuk mengembalikan pohon kepada burung Sapardi Djoko Damono Tema puisi tersebut adalah … |
|
|
A |
Ketenagakerjaan |
|
B |
Masalah lingkungan |
|
C |
Keindahan alam |
|
D |
Penanaman pohon |
|
E |
Angin, pohon, dan burung |
38 |
Cermati kutipan puisi berikut! Setiap kali kita betemu, gadis kecil berkaleng kecil senyummu terlalu kekal untuk kenal duka tengadah padaku, pada bulan merah jambu tetapi kotaku hilang, tanpa jiwa Citraan penglihatan pada petikan puisi tersebut dinyatakan dengan … |
|
|
A |
Tanpa jiwa |
|
B |
Hilang |
|
C |
Merah jambu |
|
D |
Tengadah |
|
E |
Kenal duka |
39 |
Bacalah puisi berikut dengan saksama! Dengan Puisi, Aku
Dengan puisi aku bernyanyi sampai senja umurku nanti dengan puisi aku bercinta berbatas cakrawala
Dengan puisi aku mengenang keabadian yang akan datang dengan puisi aku menangis jarum waktu bila kejam mengiris
Dengan puisi aku mengutuk nafas zaman yang busuk dengan puisi aku berdoa perkenankanlah kiranya Taufik Ismail Makna lambang senja dalam puisi tersebut adalah … |
|
|
A |
Di sore hari |
|
B |
Usia tua |
|
C |
Ajal tiba |
|
D |
Pekerjaan selesai |
|
E |
Akhir kegiatan |
40 |
Cermati puisi berikut! Cukup sudah air mata ini menetes tak ingin lagi aku disampingmu sungguh aku ingin menutup pintu hatiku melupakanmu semampu aku aku merasa jatuh … perlahan kucoba menepi walau merasa tak berdaya lagi Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah … |
|
|
A |
Tenggelam di samudra luas tak bertepi |
|
B |
Di tepi jalan raya yang sangat ramai |
|
C |
Duduk termenung sendiri di sore hari |
|
D |
Kekuatan yang tiba-tiba menghilang |
|
E |
Banyak orang yang merasa kasihan kepadaku |
41 |
Bacalah puisi berikut dengan saksama! Alam Ini Indah
Bagai gelombang di angan seperti silau matahari menyapa di pengawalan … laksana rembulan yang menyelimuti bentangan laut bak bunga yang kehilangan senyum mentari
Walau matahari tersenyum pada bumi bagai bola menyongsong senja
Andai aku bisa melayang di udara aku ingin menjadi sinarnya yang memelitakan malam dan sinarnya yang menemani siang
Ketika mataku terbuka mataharipun tersenyum mengitip jendela bunga-bunga menari menggodaku hingga kubuka tabir dan menghirup angin yang lembut Kata yang tepat untuk melengkapi larik yang rumpang adalah … |
|
|
A |
Hari |
|
B |
Kata |
|
C |
Nanti |
|
D |
Kita |
|
E |
Tahu |
42 |
Citraan yang dominan pada puisi nomor 41 di atas adalah … |
|
|
A |
Pendengaran |
|
B |
Penciuman |
|
C |
Penglihatan |
|
D |
Perabaan |
|
E |
Perasaan |
43 |
Teks resensi berikut untuk soal nomor 43-47!
(1) Judul : Konspirasi Alam Semesta Penulis : Fiersa Besari Penyunting : Juliagar R.N Penyunting akhir : Agus Wahadyo Desainer cover : Budi Setiawan Penata letak : Didit Sasono Catakan : keenam, 2017 Diterbitkan : Mediakita
(2) Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda mewakili rekahannya, ataukah kelabu mewakili pecahannya? Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta mempertemukan kembali. Setiap pertemuan dan perpisahan pun memiliki takdirnya sendiri. Begitu juga dengan kisah Juang Astrajingga dan Ana Tidae dalam novel Konspirasi Alam Semesta ini. Dari perjumpaan tak terduga, muncul percikan cinta. Juang dan Ana bertemu dengan cara yang cukup mengejutkan. Dari pertemuan tersebut, keduanya makin dekat terlebih karena ternyata mereka punya banyak kesamaan. Hanya saja saat itu sebenarnya Ana sudah punya kekasih. Sempat dilema dan bingung harus melakukan apa, Ana pun membuat keputusan besar. Dia memutuskan untuk memperjuangkan cintanya bersama Juang. Dan itu menjadi awal mula kisah mereka dengan berbagai lika-liku yang mau tak mau harus dihadapi sendiri. Juang yang merupakan seorang jurnalis kemudian harus berpisah dengan Ana. Dia pergi ke tanah Papua untuk membuat film dokumenter dan menelusuri jejak sejarahnya. Saat menjalin hubungan jarak jauh, keduanya berusaha untuk menjaga komitmen. Bahkan, Juang rutin mengiriminya kabar dan pesan. Sampai suatu hari, tak ada kabar yang diterima oleh Ana. Saat Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar, Ana jelas panik. Ia berusaha menghubungi kantor Juang. Sampai sebuah pesan masuk di ponselnya. Apakah kisah Juang dan Ana akan berakhir bahagia? Mampukah mereka berdua merajut impian hidup berdua bersama? Atau justru semesta punya caranya sendiri dalam menggiring cinta mereka? (3) Konspirasi Alam Semesta ini sebenarnya merupakan sebuah album. Jadi novel ini mempunyai sebuah album lagu. Album yang terdiri dari beberapa lagu yang liriknya bisa ditemukan di dalam rangkaian cerita novel ini. Membaca sambil mendengarkan lagu yang senapas pastinya menjadi pengalaman yang menarik. Juang merupakan sosok yang begitu menarik. Memiliki ayah seorang bekas tahanan polisi, ia sempat memiliki pengalaman yang tak menyenangkan. Bahkan, ia sendiri berjarak dengan ayahnya. Hubungannya dengan sang ayah begitu dingin. Hanya ibunya yang membuat Juang kembali ke keluarga, sayangnya kebersamaannya dengan sang ibu tak bisa berlangsung selamanya. Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan. Sampai Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya. Belum lagi saat muncul kesalahpahaman lainnya. Ada ego yang harus ditaklukkan. Ada kesabaran yang benar-benar diuji. (4) Tak hanya soal cinta dan asmara, novel ini juga mengangkat topik keluarga yang begitu menyentuh. Membaca harapan, keinginan, dan kekecewaan Juang dalam membahagiakan ibu tercintanya benar-benar membuat air mata menetes. Keteguhan dan usaha ayah Ana untuk menyelamatkan nyawa putrinya juga sangat menyentuh. Kita jadi diingatkan soal betapa luar biasanya sosok ibu dan ayah yang kita miliki, sekalipun mereka bukan sosok yang sempurna. (5) Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air. Soal kemanusiaan dan kepedulian. Pengalamannya mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung. Menjadi cerita yang begitu berkesan. (6) Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut. Bahasa ringan, tapi sulit dipahami. Hal ini tentu kurang cocok bagi pembaca yang sulit memahami kalimat rumit. (7) Terlepas dari kekurangan yang ada, Konspirasi Alam Semesta memiliki akhir cerita yang cukup mengejutkan. Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir. (dikutip dari https://www.fimela.com./fashion-style/read/3778086/review-novel-konspirasi-alam-semesta-karya-fiersa-besari)
Bagian identitas karya dalam kutipan resensi tersebut terdapat pada bagian nomor … |
|
|
A |
7 |
|
B |
5 |
|
C |
4 |
|
D |
2 |
|
E |
1 |
44 |
Teks resensi berikut untuk soal nomor 43-47!
(1) Judul : Konspirasi Alam Semesta Penulis : Fiersa Besari Penyunting : Juliagar R.N Penyunting akhir : Agus Wahadyo Desainer cover : Budi Setiawan Penata letak : Didit Sasono Catakan : keenam, 2017 Diterbitkan : Mediakita
(2) Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda mewakili rekahannya, ataukah kelabu mewakili pecahannya? Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta mempertemukan kembali. Setiap pertemuan dan perpisahan pun memiliki takdirnya sendiri. Begitu juga dengan kisah Juang Astrajingga dan Ana Tidae dalam novel Konspirasi Alam Semesta ini. Dari perjumpaan tak terduga, muncul percikan cinta. Juang dan Ana bertemu dengan cara yang cukup mengejutkan. Dari pertemuan tersebut, keduanya makin dekat terlebih karena ternyata mereka punya banyak kesamaan. Hanya saja saat itu sebenarnya Ana sudah punya kekasih. Sempat dilema dan bingung harus melakukan apa, Ana pun membuat keputusan besar. Dia memutuskan untuk memperjuangkan cintanya bersama Juang. Dan itu menjadi awal mula kisah mereka dengan berbagai lika-liku yang mau tak mau harus dihadapi sendiri. Juang yang merupakan seorang jurnalis kemudian harus berpisah dengan Ana. Dia pergi ke tanah Papua untuk membuat film dokumenter dan menelusuri jejak sejarahnya. Saat menjalin hubungan jarak jauh, keduanya berusaha untuk menjaga komitmen. Bahkan, Juang rutin mengiriminya kabar dan pesan. Sampai suatu hari, tak ada kabar yang diterima oleh Ana. Saat Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar, Ana jelas panik. Ia berusaha menghubungi kantor Juang. Sampai sebuah pesan masuk di ponselnya. Apakah kisah Juang dan Ana akan berakhir bahagia? Mampukah mereka berdua merajut impian hidup berdua bersama? Atau justru semesta punya caranya sendiri dalam menggiring cinta mereka? (3) Konspirasi Alam Semesta ini sebenarnya merupakan sebuah album. Jadi novel ini mempunyai sebuah album lagu. Album yang terdiri dari beberapa lagu yang liriknya bisa ditemukan di dalam rangkaian cerita novel ini. Membaca sambil mendengarkan lagu yang senapas pastinya menjadi pengalaman yang menarik. Juang merupakan sosok yang begitu menarik. Memiliki ayah seorang bekas tahanan polisi, ia sempat memiliki pengalaman yang tak menyenangkan. Bahkan, ia sendiri berjarak dengan ayahnya. Hubungannya dengan sang ayah begitu dingin. Hanya ibunya yang membuat Juang kembali ke keluarga, sayangnya kebersamaannya dengan sang ibu tak bisa berlangsung selamanya. Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan. Sampai Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya. Belum lagi saat muncul kesalahpahaman lainnya. Ada ego yang harus ditaklukkan. Ada kesabaran yang benar-benar diuji. (4) Tak hanya soal cinta dan asmara, novel ini juga mengangkat topik keluarga yang begitu menyentuh. Membaca harapan, keinginan, dan kekecewaan Juang dalam membahagiakan ibu tercintanya benar-benar membuat air mata menetes. Keteguhan dan usaha ayah Ana untuk menyelamatkan nyawa putrinya juga sangat menyentuh. Kita jadi diingatkan soal betapa luar biasanya sosok ibu dan ayah yang kita miliki, sekalipun mereka bukan sosok yang sempurna. (5) Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air. Soal kemanusiaan dan kepedulian. Pengalamannya mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung. Menjadi cerita yang begitu berkesan. (6) Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut. Bahasa ringan, tapi sulit dipahami. Hal ini tentu kurang cocok bagi pembaca yang sulit memahami kalimat rumit. (7) Terlepas dari kekurangan yang ada, Konspirasi Alam Semesta memiliki akhir cerita yang cukup mengejutkan. Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir. (dikutip dari https://www.fimela.com./fashion-style/read/3778086/review-novel-konspirasi-alam-semesta-karya-fiersa-besari)
Kutipan teks resensi pada paragraf ke-6 tersebut merupakan bagian … |
|
|
A |
Sinopsis |
|
B |
Identitas karya |
|
C |
Keunggulan |
|
D |
Kelemahan |
|
E |
Simpulan |
45 |
Teks resensi berikut untuk soal nomor 43-47!
(8) Judul : Konspirasi Alam Semesta Penulis : Fiersa Besari Penyunting : Juliagar R.N Penyunting akhir : Agus Wahadyo Desainer cover : Budi Setiawan Penata letak : Didit Sasono Catakan : keenam, 2017 Diterbitkan : Mediakita
(9) Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda mewakili rekahannya, ataukah kelabu mewakili pecahannya? Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta mempertemukan kembali. Setiap pertemuan dan perpisahan pun memiliki takdirnya sendiri. Begitu juga dengan kisah Juang Astrajingga dan Ana Tidae dalam novel Konspirasi Alam Semesta ini. Dari perjumpaan tak terduga, muncul percikan cinta. Juang dan Ana bertemu dengan cara yang cukup mengejutkan. Dari pertemuan tersebut, keduanya makin dekat terlebih karena ternyata mereka punya banyak kesamaan. Hanya saja saat itu sebenarnya Ana sudah punya kekasih. Sempat dilema dan bingung harus melakukan apa, Ana pun membuat keputusan besar. Dia memutuskan untuk memperjuangkan cintanya bersama Juang. Dan itu menjadi awal mula kisah mereka dengan berbagai lika-liku yang mau tak mau harus dihadapi sendiri. Juang yang merupakan seorang jurnalis kemudian harus berpisah dengan Ana. Dia pergi ke tanah Papua untuk membuat film dokumenter dan menelusuri jejak sejarahnya. Saat menjalin hubungan jarak jauh, keduanya berusaha untuk menjaga komitmen. Bahkan, Juang rutin mengiriminya kabar dan pesan. Sampai suatu hari, tak ada kabar yang diterima oleh Ana. Saat Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar, Ana jelas panik. Ia berusaha menghubungi kantor Juang. Sampai sebuah pesan masuk di ponselnya. Apakah kisah Juang dan Ana akan berakhir bahagia? Mampukah mereka berdua merajut impian hidup berdua bersama? Atau justru semesta punya caranya sendiri dalam menggiring cinta mereka? (10) Konspirasi Alam Semesta ini sebenarnya merupakan sebuah album. Jadi novel ini mempunyai sebuah album lagu. Album yang terdiri dari beberapa lagu yang liriknya bisa ditemukan di dalam rangkaian cerita novel ini. Membaca sambil mendengarkan lagu yang senapas pastinya menjadi pengalaman yang menarik. Juang merupakan sosok yang begitu menarik. Memiliki ayah seorang bekas tahanan polisi, ia sempat memiliki pengalaman yang tak menyenangkan. Bahkan, ia sendiri berjarak dengan ayahnya. Hubungannya dengan sang ayah begitu dingin. Hanya ibunya yang membuat Juang kembali ke keluarga, sayangnya kebersamaannya dengan sang ibu tak bisa berlangsung selamanya. Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan. Sampai Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya. Belum lagi saat muncul kesalahpahaman lainnya. Ada ego yang harus ditaklukkan. Ada kesabaran yang benar-benar diuji. (11) Tak hanya soal cinta dan asmara, novel ini juga mengangkat topik keluarga yang begitu menyentuh. Membaca harapan, keinginan, dan kekecewaan Juang dalam membahagiakan ibu tercintanya benar-benar membuat air mata menetes. Keteguhan dan usaha ayah Ana untuk menyelamatkan nyawa putrinya juga sangat menyentuh. Kita jadi diingatkan soal betapa luar biasanya sosok ibu dan ayah yang kita miliki, sekalipun mereka bukan sosok yang sempurna. (12) Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air. Soal kemanusiaan dan kepedulian. Pengalamannya mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung. Menjadi cerita yang begitu berkesan. (13) Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut. Bahasa ringan, tapi sulit dipahami. Hal ini tentu kurang cocok bagi pembaca yang sulit memahami kalimat rumit. (14) Terlepas dari kekurangan yang ada, Konspirasi Alam Semesta memiliki akhir cerita yang cukup mengejutkan. Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir. (dikutip dari https://www.fimela.com./fashion-style/read/3778086/review-novel-konspirasi-alam-semesta-karya-fiersa-besari)
Keunggulan karya pada kutipan teks resensi di atas dibahas pada bagian nomor …… |
|
|
A |
1 |
|
B |
2 |
|
C |
4 |
|
D |
6 |
|
E |
7 |
46 |
Teks resensi berikut untuk soal nomor 43-47!
(15) Judul : Konspirasi Alam Semesta Penulis : Fiersa Besari Penyunting : Juliagar R.N Penyunting akhir : Agus Wahadyo Desainer cover : Budi Setiawan Penata letak : Didit Sasono Catakan : keenam, 2017 Diterbitkan : Mediakita
(16) Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda mewakili rekahannya, ataukah kelabu mewakili pecahannya? Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta mempertemukan kembali. Setiap pertemuan dan perpisahan pun memiliki takdirnya sendiri. Begitu juga dengan kisah Juang Astrajingga dan Ana Tidae dalam novel Konspirasi Alam Semesta ini. Dari perjumpaan tak terduga, muncul percikan cinta. Juang dan Ana bertemu dengan cara yang cukup mengejutkan. Dari pertemuan tersebut, keduanya makin dekat terlebih karena ternyata mereka punya banyak kesamaan. Hanya saja saat itu sebenarnya Ana sudah punya kekasih. Sempat dilema dan bingung harus melakukan apa, Ana pun membuat keputusan besar. Dia memutuskan untuk memperjuangkan cintanya bersama Juang. Dan itu menjadi awal mula kisah mereka dengan berbagai lika-liku yang mau tak mau harus dihadapi sendiri. Juang yang merupakan seorang jurnalis kemudian harus berpisah dengan Ana. Dia pergi ke tanah Papua untuk membuat film dokumenter dan menelusuri jejak sejarahnya. Saat menjalin hubungan jarak jauh, keduanya berusaha untuk menjaga komitmen. Bahkan, Juang rutin mengiriminya kabar dan pesan. Sampai suatu hari, tak ada kabar yang diterima oleh Ana. Saat Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar, Ana jelas panik. Ia berusaha menghubungi kantor Juang. Sampai sebuah pesan masuk di ponselnya. Apakah kisah Juang dan Ana akan berakhir bahagia? Mampukah mereka berdua merajut impian hidup berdua bersama? Atau justru semesta punya caranya sendiri dalam menggiring cinta mereka? (17) Konspirasi Alam Semesta ini sebenarnya merupakan sebuah album. Jadi novel ini mempunyai sebuah album lagu. Album yang terdiri dari beberapa lagu yang liriknya bisa ditemukan di dalam rangkaian cerita novel ini. Membaca sambil mendengarkan lagu yang senapas pastinya menjadi pengalaman yang menarik. Juang merupakan sosok yang begitu menarik. Memiliki ayah seorang bekas tahanan polisi, ia sempat memiliki pengalaman yang tak menyenangkan. Bahkan, ia sendiri berjarak dengan ayahnya. Hubungannya dengan sang ayah begitu dingin. Hanya ibunya yang membuat Juang kembali ke keluarga, sayangnya kebersamaannya dengan sang ibu tak bisa berlangsung selamanya. Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan. Sampai Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya. Belum lagi saat muncul kesalahpahaman lainnya. Ada ego yang harus ditaklukkan. Ada kesabaran yang benar-benar diuji. (18) Tak hanya soal cinta dan asmara, novel ini juga mengangkat topik keluarga yang begitu menyentuh. Membaca harapan, keinginan, dan kekecewaan Juang dalam membahagiakan ibu tercintanya benar-benar membuat air mata menetes. Keteguhan dan usaha ayah Ana untuk menyelamatkan nyawa putrinya juga sangat menyentuh. Kita jadi diingatkan soal betapa luar biasanya sosok ibu dan ayah yang kita miliki, sekalipun mereka bukan sosok yang sempurna. (19) Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air. Soal kemanusiaan dan kepedulian. Pengalamannya mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung. Menjadi cerita yang begitu berkesan. (20) Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut. Bahasa ringan, tapi sulit dipahami. Hal ini tentu kurang cocok bagi pembaca yang sulit memahami kalimat rumit. (21) Terlepas dari kekurangan yang ada, Konspirasi Alam Semesta memiliki akhir cerita yang cukup mengejutkan. Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir. (dikutip dari https://www.fimela.com./fashion-style/read/3778086/review-novel-konspirasi-alam-semesta-karya-fiersa-besari)
Kalimat berikut yang menyatakan kelemahan dari karya yang diresensi tersebut adalah … |
|
|
A |
Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan |
|
B |
Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir |
|
C |
Pengalaman mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung menjadi cerita yang begitu berkesan |
|
D |
Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut |
|
E |
Juang merupakan sosok yang begitu menarik |
47 |
Teks resensi berikut untuk soal nomor 43-47!
(22) Judul : Konspirasi Alam Semesta Penulis : Fiersa Besari Penyunting : Juliagar R.N Penyunting akhir : Agus Wahadyo Desainer cover : Budi Setiawan Penata letak : Didit Sasono Catakan : keenam, 2017 Diterbitkan : Mediakita
(23) Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda mewakili rekahannya, ataukah kelabu mewakili pecahannya? Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta mempertemukan kembali. Setiap pertemuan dan perpisahan pun memiliki takdirnya sendiri. Begitu juga dengan kisah Juang Astrajingga dan Ana Tidae dalam novel Konspirasi Alam Semesta ini. Dari perjumpaan tak terduga, muncul percikan cinta. Juang dan Ana bertemu dengan cara yang cukup mengejutkan. Dari pertemuan tersebut, keduanya makin dekat terlebih karena ternyata mereka punya banyak kesamaan. Hanya saja saat itu sebenarnya Ana sudah punya kekasih. Sempat dilema dan bingung harus melakukan apa, Ana pun membuat keputusan besar. Dia memutuskan untuk memperjuangkan cintanya bersama Juang. Dan itu menjadi awal mula kisah mereka dengan berbagai lika-liku yang mau tak mau harus dihadapi sendiri. Juang yang merupakan seorang jurnalis kemudian harus berpisah dengan Ana. Dia pergi ke tanah Papua untuk membuat film dokumenter dan menelusuri jejak sejarahnya. Saat menjalin hubungan jarak jauh, keduanya berusaha untuk menjaga komitmen. Bahkan, Juang rutin mengiriminya kabar dan pesan. Sampai suatu hari, tak ada kabar yang diterima oleh Ana. Saat Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar, Ana jelas panik. Ia berusaha menghubungi kantor Juang. Sampai sebuah pesan masuk di ponselnya. Apakah kisah Juang dan Ana akan berakhir bahagia? Mampukah mereka berdua merajut impian hidup berdua bersama? Atau justru semesta punya caranya sendiri dalam menggiring cinta mereka? (24) Konspirasi Alam Semesta ini sebenarnya merupakan sebuah album. Jadi novel ini mempunyai sebuah album lagu. Album yang terdiri dari beberapa lagu yang liriknya bisa ditemukan di dalam rangkaian cerita novel ini. Membaca sambil mendengarkan lagu yang senapas pastinya menjadi pengalaman yang menarik. Juang merupakan sosok yang begitu menarik. Memiliki ayah seorang bekas tahanan polisi, ia sempat memiliki pengalaman yang tak menyenangkan. Bahkan, ia sendiri berjarak dengan ayahnya. Hubungannya dengan sang ayah begitu dingin. Hanya ibunya yang membuat Juang kembali ke keluarga, sayangnya kebersamaannya dengan sang ibu tak bisa berlangsung selamanya. Membaca perjuangan Ana dan Juang dalam menjaga dan mempertahankan hubungan juga sangat mengaduk-aduk perasaan. Sampai Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya. Belum lagi saat muncul kesalahpahaman lainnya. Ada ego yang harus ditaklukkan. Ada kesabaran yang benar-benar diuji. (25) Tak hanya soal cinta dan asmara, novel ini juga mengangkat topik keluarga yang begitu menyentuh. Membaca harapan, keinginan, dan kekecewaan Juang dalam membahagiakan ibu tercintanya benar-benar membuat air mata menetes. Keteguhan dan usaha ayah Ana untuk menyelamatkan nyawa putrinya juga sangat menyentuh. Kita jadi diingatkan soal betapa luar biasanya sosok ibu dan ayah yang kita miliki, sekalipun mereka bukan sosok yang sempurna. (26) Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air. Soal kemanusiaan dan kepedulian. Pengalamannya mendaki Gunung Slamet, bertemu orang-orang ramah di Papua, melarikan diri ke Nias, sampai membantu sahabat hingga membawanya ke Gunung Sinabung. Menjadi cerita yang begitu berkesan. (27) Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut. Bahasa ringan, tapi sulit dipahami. Hal ini tentu kurang cocok bagi pembaca yang sulit memahami kalimat rumit. (28) Terlepas dari kekurangan yang ada, Konspirasi Alam Semesta memiliki akhir cerita yang cukup mengejutkan. Perasaan kita akan diaduk-aduk, dibuat tersenyum, hingga menitikkan air mata saat membaca rangkaian cerita ini sampai akhir. (dikutip dari https://www.fimela.com./fashion-style/read/3778086/review-novel-konspirasi-alam-semesta-karya-fiersa-besari)
Kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat dalam kutipan resensi tersebut adalah … |
|
|
A |
Kalau memang ditakdirkan berjodoh, pasti ada saja cara semesta untuk mempertemukan kembali |
|
B |
Sampai pada suatu hari, tak ada lagi pesan yang diterima oleh Ana |
|
C |
Akan tetapi, penyajian puisi yang berubah-ubah sudut pandang terkadang membuat pembaca sulit menginterpretasikan maksud dari puisi tersebut |
|
D |
Dari seorang Juang, kita juga akan belajar lebih dalam soal rasa cinta pada tanah air |
|
E |
Sampai ketika Ana didiagnosis sebuah penyakit, dia berusaha untuk menutupinya |
48 |
Orang yang menulis sebuah resensi disebut … |
|
|
A |
Resensator |
|
B |
Orator |
|
C |
Kurator |
|
D |
Moderator |
|
E |
Narrator |
49 |
Bagian resensi yang berisi gambaran singkat isi karya yang diresensi adalah … |
|
|
A |
Identitas |
|
B |
Keunggulan |
|
C |
Kelemahan |
|
D |
Simpulan |
|
E |
Sinopsis |
50 |
Bacalah kutipan teks resensi berikut! Novel ini berlatar akhir abad ke-18, menampilkan suasana sangat apik dan detail. Lokasi yang diceritakan pada buku Bumi Manusia, yaitu Wonokromo pada akhir abad 19 yang merupakan kawasan perkebunan tebu, Surabaya, dan Blora. Ketika membacanya seolah-olah pembaca berada pada abad masa itu. Kutipan resensi tersebut merupakan bagian … |
|
|
A |
Sinopsis |
|
B |
Keunggulan karya |
|
C |
Kelemahan karya |
|
D |
Identitas |
|
E |
Simpulan |
Home » X BHS INDONESIA GENAP K13 REV 2017
Langganan:
Postingan (Atom)
0 Response to "X BHS INDONESIA GENAP K13 REV 2017 "
Posting Komentar